preloader

Sejarah Hari Perpustakaan Sekolah Internasional dan Perkembangannya di Indonesia

Tanggal 18 Oktober diperingati sebagai Hari Perpustakaan Sekolah Internasional. Lho, apa sih itu? Bagaimana awal mulanya hari peringatan ini ada di dunia?

Sesuai dengan namanya, Hari Perpustakaan Sekolah Internasional atau International School Library Day adalah hari yang memperingati keberadaan perpustakaan di sekolah-sekolah seluruh dunia. Meskipun hari peringatan ini belum begitu populer sehingga tidak banyak orang yang mengetahui atau merayakannya, tapi adanya hari peringatan ini penting sebagai salah satu usaha meningkatkan minat baca atau literasi, terutama di sekolah yang menjadi tempat kita menuntut ilmu.

Lalu, kapan pertama kalinya Hari Perpustakaan Sekolah Internasional diselenggarakan? Hari Perpustakaan Sekolah Internasional pertama kali diselenggarakan pada tanggal 18 Oktober 1999 atau tepatnya 23 tahun yang lalu, oleh Dr. Blanche Woolls yang merupakan presiden dari International Association of School Librarianship (IASL). Kemudian dipertegas lagi oleh penerusnya, Peter Genco, pada tahun 2005.

Di Indonesia sendiri, keberadaan perpustakaan sekolah dimulai sejak awal-awal abad ke 20, walaupun sekolah sudah ada jauh sebelumnya. Salah satunya yaitu perpustakaan sekolah yang dibangun pemerintah Hindia Belanda, dengan buku-buku terbitan Volkslectuur. Ketika zaman penjajahan Hindia Belanda selesai dan digantikan oleh Jepang, diketahui bahwa tidak ada sama sekali kegiatan perpustakaan sekolah. Setelah Indonesia merdeka (1945), tepatnya sekitar tahun 1950-an lah, “Kementerian Pendidikan, Pengadjaran dan Kebudajaan” pada saat itu mulai mengirim buku-buku ke sekolah. Selain itu, mulai didirikan pula Perpustakaan Rakyat dan Taman Pustaka yang semakin memperluas sarana literasi di Indonesia.

Meskipun pembangunan maupun perluasan sarana membaca seperti perpustakaan sekolah mengalami pasang surut di Indonesia, perlu kita syukuri bahwa kini kita sudah bisa mengakses berbagai bacaan dan literasi dengan mudah. Perpustakaan juga menjadi bagian inti dari sekolah yang tidak bisa dipisahkan, guna mendukung daya belajar siswa. Berbagai hal pun kerap dilakukan untuk meningkatkan kegemaran membaca serda kesadaran literasi, salah satunya yaitu diselenggarakannya Hari Perpustakaan Sekolah Internasional ini.

Yuk Sobat Cerdas, kita ikut galakkan hobi membaca untuk masa depan yang cerah dengan ilmu pengetahuan yang lebih luas!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *