preloader

Apa Itu Hari Penglihatan Sedunia (World Sight Day)?

Sobat Cerdas, sudah pernahkah kamu mendengar tentang World Sight Day atau Hari Penglihatan Sedunia? Kalau belum, baca artikel ini sampai habis, ya! Guru Ahli akan membahan seputar Hari Penglihatan Sedunia, termasuk sejarah dan tujuannya.

Asal-Usul Hari Penglihatan Sedunia

Pencetus Hari Penglihatan Sedunia adalah Lion Clubs International, sebuah organisasi yang bergerak di bidang kesehatan seperti penglihatan dan pendengaran. Organisasi yang didirikan pada tahun 1917 oleh Melvin Jones ini memiliki berbagai macam program advokasi kesehatan, salah satunya yang paling populer yaitu SightFirst: kampanye yang bertujuan untuk melawan kebutaan akibat trachoma dan berbagai penyebab kebutaan lainnya, yang dimulai sejak tahun 1990.

Pada tahun 2000 lah, Lion Clubs Internasional dan IAPB (International Agecy for the Prevention of Blindess)–melalui SightFirst–mulai mengisiasi Hari Penglihatan Sedunia yang jatuh pada setiap hari Kamis kedua di bulan Oktober. Yup, sudah sekitar 22 tahun lamanya! Tahun ini, Hari Penglihatan Sedunia jatuh di tanggal 13 Oktober 2022.

Tujuan Hari Penglihatan Sedunia

Tujuan peringatan Hari Penglihatan Sedunia adalah untuk lebih menyebarkan awareness akan pentingnya menjaga kesehatan mata. Selain itu, peringatan Hari Penglihatan Sedunia juga bertujuan untuk menarik perhatian publik tentang indra penglihatan dan apa saja yang harus kita lakukan untuk menjaganya tetap sehat agar terhindar dari penyakit mata, terutama untuk mencegah kebutaan.

Nah, sekarang Sobat Cerdas sudah tahu sejarah dan tujuan dari Hari Penglihatan Sedunia ini, kan? Sekarang saatnya kamu untuk ikut menebarkan semangat hidup sehat dengan menjaga kesehatan mata! Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

  1. Konsumsi makanan bergizi
  2. Hindari penggunaan gadget terlalu lama
  3. Hindari paparan sinar UV secara langsung
  4. Tidak merokok
  5. Hati-hati saat menggunakan make-up atau bahan berbahaya lainnya di sekitar mata
  6. Usahakan untuk olahraga
  7. Akan lebih baik jika kamu bisa periksa kesehatan mata secara rutin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *