preloader

Pelajari Soal Tes Potensi Kognitif untuk Bekal SBMPTN 2023!

Sobat Cerdas, kamu mesti tahu apa itu Tes Potensi Kognitif dan mempelajarinya dengan baik karena jenis soal ini akan muncul di SBMPTN 2023 nanti. Tes Potensi Kognitif, seperti yang Guru Ahli jelaskan sebelumnya di artikel ini, adalah sejenis tes yang meliputi kemampuan kognitif seperti pemahaman dan penalaran umum. Meskipun kedengarannya “mudah” karena merupakan salah satu bentuk pengetahuan dasar manusia, Tes Potensi Kognitif (TPS) bisa cukup tricky dan menjadi parameter penting untuk mengukur kemampuan berpikir seseorang.

Berikut ini adalah contoh soal TPS dari Guru Ahli yang bisa kamu pelajari:

Menurutmu, apa jawaban dari kedua contoh soal di atas? Meskipun sama-sama membahas perbandingan, bisa dibilang soal pertama lebih mengandalkan logika (critical thinking) dan soal kedua lebih mengandalkan kemampuan berhitung matematika dasar. Jenis-jenis soal seperti perbandingan ini hampir selalu termasuk dalam SBMPTN lho, jadi pastikan kamu banyak berlatih dan mengulik soal-soal semacam ini agar bisa mengerjakan ujian dengan mudah.

Pembahasan untuk soal-soal semacam ini juga tersedia di Guru Ahli dimana kamu bisa berdiskusi serta mendapatkan jawaban dan tips mengerjakannya. Yuk intip contoh soal-soal lainnya yang akan selalu diupdate di Instagram @guruahliofficial. Jangan lupa juga untuk gabung ke Guru Ahli segera untuk tahu pembahasan lebih lanjut tentang soal-soal ini bersama ahlinya!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *