preloader

Trik Mudah untuk Pengurangan

Pengurangan adalah operasi aritmetika yang mewakili operasi menghapus objek dari koleksi. Tanda minus atau tanda kurang (−) adalah simbol matematika yang digunakan untuk mewakili gagasan negatif dan mewakili gagasan operasi pengurangan.

Di artikel kali ini, Guru Ahli akan membahas tentang trik yang sangat mudah dan jarang diketahui.

Penasaran gimana caranya? Yuk kita simak trik dibawah ini.

Contoh Soal 1

Pertama

Angka 27 diganti dengan angka yang memungkinkan akan lebih mudah untuk dikurang dengan angka 60, dan yang terdekat adalah 30 , kemudian kurangi dengan angka 27 dan menghasilkan angka 3. Lalu, tulis seperti dibawah ini.

Kedua

Jika sudah selesai langkah pertama, kita hanya perlu menjumlahkan angka diatas 27 dengan hasil pengurangan 30 dengan 27 yaitu 3, perhatikan seperti dibawah ini.

Selesai.

Contoh Soal 2

Untuk cara pengerjaannya sama seperti contoh soal 1.

Pertama

Angka 36 diganti dengan angka yang memungkinkan akan lebih mudah untuk dikurang dengan angka 80, dan yang terdekat adalah 40 , kemudian kurangi dengan angka 36 dan menghasilkan angka 4.

Kedua

Jika sudah selesai langkah pertama, kita hanya perlu menjumlahkan angka diatas 36 dengan hasil pengurangan 40 dengan 36 yaitu 4, perhatikan seperti dibawah ini.

Selesai.

Guru Ahli masih punya berbagai video trik & tips lainnya yang bisa kalian tonton. Dan Sobat Cerdass bisa tonton di Youtube Guru Ahli.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *