preloader

Trik Hitung Cepat Aljabar dengan Garis

Aljabar (Algebra) merupakan salah satu cabang dalam ilmu matematika yang sangat luas cakupannya, sedangkan aljabar itu sendiri diartikan sebagai cabang ilmu dalam matematika yang mempelajari simbol matematika dan aturan aturan yang digunakan untuk memanipulasi simbol tersebut.

Di artikel kali ini Guru Ahli akan beri tips untuk hitung aljabar menggunakan garis. Yuk simak contoh soal dibawah ini.

Contoh Soal

Berapakah nilai x nya ?

Penyelesaian

Langkah pertama, hitung berapa ruas yang ada dipersamaan keduanya. Apa itu ruas? Ruas adalah jeda yang dihitung dari satu titik bertemu titik selanjutnya. Nah, di garis pertama ada 2 ruas sedangkan di garis kedua ada 3 ruas. Lalu, lakukan perkalian silang, perhatikan gambar dibawah ini.

Dibawah ini adalah penjabaran dari perkalian silang sebelumnya.

Langkah kedua, mengalikan suku di luar kurung dengan masing – masing suku yang ada di dalam kurung.

Langkah ketiga, dengan menggabungkan suku yang memiliki nilai angka yang sama. Secara terpisah gabungkan semua suku yang memiliki variabel. Untuk menyederhanakan persamaan, pindahkan suku-suku sehingga yang memiliki variabel berada di satu sisi tanda sama dengan dan konstanta-konstanta (hanya angka) di sisi lainnya.

Hitunglah nilai x dengan membagi kedua sisi persamaan dengan koefisien di depan variabel.

Gimana Sobat Cerdass, mudah kan? Nah, untuk kamu yang masih penasaran dengan trik – trik Guru Ahli lainnya bisa langsung tonton berbagai video nya di Youtube Guru Ahli. Semoga bermanfaat.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *