preloader

Trik Termudah Hitung Bangun Datar Jumlah Kotak Bagian 2

Hai sobat cerdas, kembali lagi bersama guru ahli. Belajar dibimbing oleh ahlinya.

Nah teman-teman, masih sama dengan pembahasan sebelumnya, yaitu menghitung bangun datar jumlah kotak, ini adalah bagian ke 2. Jika sebelumnya hanya menjumlahkan, kali ini kita akan menggunakan pengurangan juga nih, tapi tenang karena masih menggunakan trik matematika mudah andalan Guru Ahli. Yuk langsung ke pembahasan

Contoh soal :

Pembahasan :

Gambar 1

Masih sama dengan pembahasan bagian 1, langkah pertama untuk menyelesaikannya yaitu menghitung banyak kotak. Pada gambar ke 1 banyak kotak kesamping adalah 3 kotak, sedangkan banyak kotak kebawah adalah 2 kotak

Selanjutnya, menjumlahkan banyak kotak. Pada banyak kotak kesamping adalah (1+2+3=6) pada banyak kotak kebawah adalah (1+2=3)

Langkah terakhir, yaitu menjumlahkan lagi hasil dari penjumlahan banyak kotak. Maka (6 + 3), karena ada 1 kotak yang beririsan, jadi akan di kurangi 1, sehingga penjumlahannya menjadi (6 + 3 – 1 = 8). Hasil akhir akan terlihat seperti ini.

pembahasan :

gambar 2

Langkah pertama, menghitung banyaknya kotak

Langkah kedua, menjumlahkan banyaknya kotak

Langkah ketiga, menjumlahkan lagi hasil dari penjumlahan banyak kotak. Nah karena pada gambar kedua ini terdapat 2 bagian yang beririsan, maka akan dikurangi 2. Sehingga hasil akhir akan terlihat seperti ini.

Seperti itu teman-teman pembahasan materi ini. Mudah dan simpel kan? Kalian bisa praktekan materi ini dirumah yaa. Kalian juga bisa ajak teman-teman kalian untuk belajar bersama Guru Ahli.

Sampai jumpa di trik matematika selajutnya ya.

Selamat belajar

URL YOUTUBE :

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *