preloader

Trik Hitung Mudah Perkalian Akar

Sebuah bilangan yang hasilnya bukan termasuk bilangan rasional atau bilangan irasional adalah bilangan akar, atau bisa disebut juga bilangan bentuk akar.

Walaupun memiliki hasil yang bukan termasuk bilangan rasional atau bilangan irasional, bilangan akar itu sendiri adalah bagian dari bilangan irasional. Sebuah simbol akar akan ditandai dengan sebuah simbol khusus, yaitu simbol “akar”.

Nah itu dia teman-teman sedikit penjelasan tentang bilangan “akar”. Jadi kali ini Guru Ahli akan memberikan trik matematika tentang akar, lebih tepatnya “perkalian akar”.

Pasti penasaran kan gimana cara menyelesaikan perkalian akar ini? Kalau gitu, yuk kita langsung ke pembahasannya.

Contoh soal :

Pembahasan :

Langkah pertama buat bentuk akar pada kolom jawaban, lalu kalikan seperti  biasa bilangan 6 dengan 2

Langkah kedua, tulis hasil dari perkalian 6 dengan 2

Langkah ketiga, sederhanakan angka 72 menggunakan pohon faktor untuk mencari bilangan yang dapat diakarkan. Dan dari hasil penyederhanaan mendapatkan bilangan 36 x 2

Langkah keempat, tuliskan perkalian 36 x 2 dalam bentuk akar

Langkah terakhir, sederhanakan lagi bilangan dalam akar. Yaitu akar dari 36 adalah 6 sedangkan angka 2 tidak bisa di sederhanakan lagi. Sehingga hasilnya akan terlihat seperti ini.

Itu dia pembahasan kita kali ini, kalian bisa praktekan trik matematika ini dirumah yaa. Dan buat kalian yang kurang paham, kalian bisa belajar dengan menonton video yang ada di Youtube Guru Ahli.

Selamat belajar.

URL YOUTUBE

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *