preloader

Trik Hitung Paling Cepat untuk Pembagian Sembarang

Guru Ahli kali ini mau kasih trik nih untuk kalian yang masih kesulitan mengerjakan soal pembagian sembarang dan sebelum ke trik nya kita harus tahu terlebih dahulu apa itu pembagian dalam matematika.

Apa itu pembagian dalam matematika?

Pembagian adalah salah satu operasi aritmatika (operasi dasar matematika) yang menjadi kebalikan dari operasi perkalian. Operasi pembagian digunakan untuk menghitung hasil bagi suatu bilangan terhadap pembaginya.

Nah, sekarang kita ke contoh soalnya ya.

Contoh Soal

Pembahasan

Caranya pun sangat mudah.

Pertama dengan membagi digit awal di bilangan atas dengan bilangan yang dibawah.

Nah bisa dilihat di bawah, angka 9 dibagi dengan 4 dapat 2 dan masih tersisa 1. Untuk angka 1 nya ditulis di angka selanjutnya setelah angka 9 yaitu 4.

Cara selanjutnya pun sama seperti sebelumnya, yang bedanya kita bagi dengan angka selanjutnya yaitu 4 dan di sebelumnya masih ada angka 1 maka angka 1 kita gabungkan dengan 4. Selanjutnya dengan membagi angka 14 dengan 4.

Lalu, angka 14 dibagi dengan 4 dapat nya hanya 3 dan masih tersisa 2. Untuk itu 2 akan ditulis diatas angka selanjutnya yaitu 0.

Dan untuk cara terakhir nya pun cara penyelesaiannya sama. Dengan cara menggabungkan angka 2 dengan 0 yaitu menjadi 20. Lalu, kita bagi angka 20 dengan 4 yang hasilnya didapat adalah 5.

Selesai.

Semoga bermanfaat ya Sobat Cerdas. Dan untuk kamu yang ingin belajar trik – trik lainnya bisa langsung tonton video di Youtube Guru Ahli.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *