preloader

Operasi Hitung Penjumlahan & Pengurangan

Hallo Sobat Cerdas, matematika adalah salah satu pelajaran yang akan selalu digunakan dimanapun kita berada. Dan juga matematika sangat erat kaitannya dengan angka atau bilangan. Kali ini, Guru Ahli akan membahas operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Simak baik – baik penjelasannya dibawah ini.

Penjumlahan ( + )

Jika bilangan positif ditambah dengan bilangan positif maka hasilnya juga bilangan positif.

Sedangkan bilangan negatif ditambah dengan bilangan negatif hasilnya akan bilangan negatif.

Untuk penjumlahan dengan dua jenis yang berbeda hasilnya merupakan hasil pengurangan dan jenisnya ditentukan dengan jenis bilangan yang paling besar. Jika bilangan yang lebih besar adalah negatif maka hasil pengurangannya akan negatif. Sebaliknya jika bilangan yang besar adalah bilangan positif maka hasil pengurangannya adalah bilangan positif.

Pengurangan ( – )

Jika bilangan positif dikurangi dengan bilangan positif maka hasilnya juga bilangan positif. Tetapi jika bilangan positif yang akan dikurangi lebih kecil maka hasilnya menjadi bilangan negatif.

Sedangkan bilangan negatif dikurangi dengan bilangan negatif hasilnya akan bilangan negatif. Tetapi jika bilangan negatif yang akan dikurangi lebih besar maka hasilnya menjadi bilangan positif.

Jika kita sudah mengingat trik nya maka akan lebih mudah mengerjakan soal seperti ini. Untuk tips & trik lainnya bisa tonton video Youtube Guru Ahli.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *