preloader

Tipe Belajar Kamu Seperti Apa?

Hallo sobat cerdas, kalian tahu gak ketika belajar salah satu panca indera kita bisa digunakan secara maksimal dan dari salah satu panca indera kita mana sih yang lebih dominan?

Secara umum panca indera kita masing-masing mempunyai ciri khusus, kekurangan dan konsentrasi pada saat kita belajar, nah tipe belajar seperti apa nih kalian?

  1. Secara visual, tipe belajar ini biasanya senang membaca dengan suara pelan sambil menutup mata, sehingga lebih mudah mengandalkan indera penglihatan dan imajinasi. Namun mempunyai masalah saat mengingat instruksi lisan apabila tidak dicatat. Jadi untuk mengingat materi pelajaran, jangan lupa untuk membuat catatan ya,  agar konsentrasi yang kamu miliki makin baik dan tidak mudah terganggu dengan keramaian.
  2. Tipe auditori adalah tipe yang senang membaca dengan suara keras atau menggerakkan bibir, dan agar lebih mudah menangkap suatu materi dengan menggunakan indera pendengaran. Tetapi memiliki masalah dalam mengingat, apabila instruksi hanya bisa lewat penglihatan dan mudah terganggu oleh keributan. Tipe ini paling senang berdiskusi untuk memecahkan masalah pelajaran.
  3. Tipe belajar secara kinestetik senang membaca dengan menunjuk tulisan, sehingga lebih mudah memahami pelajaran dan terkadang tidak bisa mengenali tempat kecuali pernah berkunjung. Gampang terganggu keributan tapi bisa kembali konsentrasi, cara belajar yang sesuai yaitu memainkan tangannya saat menghafal atau menghitung.

So, panca indera mana nih yang menurut kamu lebih maksimal digunakan saat belajar? 😊 jangan lupa berdoa dan bersyukur ya sobat cerdas, jaga kesehatan agar lebih optimal saat belajar.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *