preloader

Ada Apa Dengan Bunga Telang? Yuk Cari Tahu Jawabannya!

Tahukah kamu ?!

Hmm…Apa kegunaan dari bunga Telang?

Bunga Telang, atau yang nama latinnya Clitoria ternatea adalah tanaman yang terkenal karena bunganya yang berwarna biru cerah dan dapat dimakan. Selain pengganti zat pewarna dalam makanan, bunga Telang juga telah digunakan dalam Ayurveda serta pengobatan tradisional Asia dan Timur Tengah selama berabad-abad loh sobat cerdas. Bunga ini dapat diminum dengan cara dikeringkan atau langsung bunga segar yang dipetik kemudian diseduh/direbus yang mana disebut dengan Blue Tea (ramuan herbal bebas kafein. Hal terbaik dari minuman ini adalah kandungannya yang benar-benar bebas kafein.

Manfaat kesehatan bunga Telang antara lain adalah meningkatkan daya ingat, meningkatkan suasana hati yang seimbang, bantu menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme, memerangi efek diabetes, parasetamol alami, membantu mendetoksifikasi tubuh, sehat untuk jantung dan otak serta sistem kekebalan yang sehat. Manfaat kesehatan ini juga semakin didukung oleh bukti-bukti sains modern. Bunga Telang dikenal juga untuk meningkatkan vitalitas dan proses penuaan yang sehat. Bunga ini penuh dengan antioksidan, termasuk pro antosianidin (yang mendukung kolagen dan elastisitas kulit) dan antosianin (mendukung kesehatan rambut dan mata). Kedua bahan ini membantu meningkatkan siklus hidup sehat sel kamu secara keseluruhan.

Minum teh untuk menurunkan berat badan telah menjadi tren dan sepertinya teh biru atau teh bunga Telang adalah penemuan terbaru yang belakangan sedang populer dikonsumsi oleh masyarakat luas. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders, teh bunga Telang dapat mencegah dan melawan penyakit hati berlemak. Teh bunga Telang mampu membantu membakar lemak perut dengan melindungi dari penyakit hati berlemak.

Segala sesuatu yang baik pasti tetap memiliki efek samping atau dampak yang tidak baik. Sama halnya dengan bunga Telang, bunga Telang tentu juga memiliki efek samping atau bahaya yang patut di waspadai. Mengonsumsi ekstrak bunga Telang yang berlebihan dapat menyebabkan mual dan diare. Wanita hamil dan menyusui juga disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman ini, kecuali telah berkonsultasi dengan dokter. Namun, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi ekstrak bunga telang kapan pun itu ya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *