preloader

Merdeka Belajar dalam Pendidikan 4.0 Itu Apa Sih?

Merdeka belajar, sesuai dengan namanya, adalah kebebasan dalam menentukan cara atau metode belajar. Masalahnya, istilah dan penerapan konsep ini di Indonesia masih sangat tidak familiar. Konsep belajar seperti ini bahkan masih sangat baru dan berbeda dengan yang biasa diterapkan di Indonesia. Sementara itu, pendidikan 4.0 adalah nama lain dari “pendidikan masa depan” yang dilengkapi oleh fenomena penetrasi digital.

Konsep merdeka belajar dalam pendidikan 4.0 lebih bertumpu pada kemampuan kognitif setiap siswa. Selain itu, konsep ini juga dinilai tidak memberatkan siswa maupun guru karena sangat fleksibel, namun di sisi lain juga mengajak siswa untuk berpikir kritis. Dengan konsep belajar ini, siswa juga diharapkan mampu mengasah kemampuannya dalam bidang literasi dan numerik dengan lebih baik.

Lantas, bagaimana sih detail perbedaannya?

Literasi

Dalam bidang literasi, siswa akan diasah kemampuannya untuk berpikir logis dalam memahami setiap tujuan dan maksud dari suatu materi. Berbeda dengan metode pendidikan yang selama ini lebih menitikberatkan pada hafalan materi.

Numerik

Dari segi numerik atau pembelajaran yang berhubungan dengan angka dan sains seperti fisika, kimia dan matematika, bukan hafalan rumus yang menjadi fokusnya melainkan pemahaman konsep dasar agar bisa menyelesaikan permasalahan yang lebih luas tanpa perlu menghapal rumus.

Sarana Pendidikan

Yang terpenting dalam konsep ini, ekosistem dan infrastruktur pendidikan juga akan lebih diperhatikan. Dengan kata lain, kualitas pendidikan di sekolah akan ditingkatkan secara lebih menyeluruh.

Perluasan Penilaian Hasil Belajar

Hasil belajar bukan hanya dilihat dari nilai ujian seperti ujian nasional atau ujian akhir sekolah, tapi dari setiap tugas dan portofolio yang dikerjakan oleh siswa. Di sinilah siswa dituntut untuk bisa lebih mengembangkan diri sesuai dengan minat dan bakatnya. Stigma siswa yang “bodoh” pun akan tersingkirkan karena setiap siswa bisa menunjukkan bakatnya sendiri-sendiri.

Nah, dari setiap penjelasan di atas, terlihat sudah kan apa yang menyebabkan metode pembelajaran seperti ini dinamakan “merdeka”? Karena setiap siswa memiliki kebebasan dalam berekspresi sekaligus berprestasi sesuai minat mereka. Seperti apa pun itu metode pembelajarannya, pastikan kamu belajar dengan baik ya, Sobat Cerdas! Apalagi buat kamu yang sebentar lagi mau mengikuti SBMPTN nih, yuk daftar program SBMPTN Guru Ahli denga berbagai paket yang tersedia. Belajar makin menyenangkan dan terjamin bersama guru-guru berpengalaman dan kompeten dari Guru Ahli!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *