preloader

Kemendikbud Hadirkan Program Kuota GRATIS 2021 Ini, Bagaimana Cara Daftarnya?

Seperti yang kita tahu, kehadiran  internet sangatlah penting dalam kegiatan pembelajaran, terlebih lagi di situasi pandemi seperti sekarang ketika seluruh kegiatan belajar dan mengajar dilakukan secara jarak jauh (School From Home) dan internet lah yang menjadi tumpuan utamanya.

Meskipun kini kegiatan pembelajaran dengan bertahap dilakukan secara offline atau tatap muka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, internet tetaplah penting dan diperlukan guna memperlancar setiap komunikasi dan pencarian bahan belajar. Bahkan, setelah pandemi yang kurang lebih berlangsung sekitar dua tahun ini, masyarakat bisa dibilang sudah mulai beradaptasi dengan kebutuhan internet yang menjadi dasar dalam melakukan kegiatan sehari-hari, tidak terkecuali dalam kegiatan pembelajaran.

Oleh karena itu lah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) merasa perlu untuk menyokong kebutuhan internet demi kelancaran kegiatan belajar dan mengajar di Indonesia. Oktober ini, Kemendikbud menyalurkan kuota internet gratis kepada 26,6 juta pendidik dan peserta didik.

β€œBantuan kuota data internet kembali disalurkan di bulan Oktober ini kepada sejumlah 26,6 juta penerima untuk menunjang pembelajaran, baik bagi yang sudah PTM terbatas maupun yang masih PJJ,” ujar Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim.

Jika sebelumnya Kemendikbud Ristek menyalurkan bantuan ini kepada 24,4 juta pengguna, jumlah penerima bantuan kuota gratis kali ini pun meningkat menjadi 26,6 juta pengguna, sehubungan dengan dilakukannya pemutakhiran nomor ponsel yang sudah diverifikasi dan divalidasi.

Nah, untuk Sobat Cerdas yang merasa berhak mendapatkan bantuan kuota internet gratis ini, jangan lupa untuk mendaftarkan diri ya! Caranya mudah:

  • Cukup dengan mengunjungi http://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id untuk kategori PAUD, pendidikan dasar dan menengah, ATAU http://kuotadikti.kemdikbud.go.id untuk kategori jenjang pendidikan tinggi.
  • Kemudian membuat akun dengan mengikuti alur pendaftaran yang tersedia di website
  • Unggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) pada website

Demikianlah sekiranya informasi mengenai Kuota Gratis dari Kemendikbud Ristek dan cara mendaftarnya untuk kamu nih, Sobat Cerdas. Jangan lupa untuk segera daftar sebelum periodenya terlewat ya!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *